Artikel

8 June 2020

SURVIVE DI KALA PANDEMI, INI 5 USAHA MENGUNTUNGKAN YANG BISA ANDA COBA

Pandemi covid-19 saat ini memberikan pukulan berat bagi semua kalangan masyarakat di dunia, terutama di bidang ekonomi. Banyak pekerja yang dirumahkan, bahkan ada yang sampai diputus kerja. Saat ini kita diharuskan mengatur keuangan sebaik mungkin, berhemat dengan mengurangi pengeluaran, memprioritaskan kebutuhan dll. Tapi entah sampai kapan kondisi ini berlanjut, sisa tabungan pun semakin sedikit. Maka tidak heran banyak yang mulai mencoba berwirausaha untuk mendapatkan penghasilan lebih. Lalu apa saja usaha-usaha yang cocok dilakukan di masa pandemi seperti sekarang ini?

Berikut 5 usaha yang cocok dilakukan di masa pandemi corona.

liputan6.com
  • Berjualan online
    Dengan banyaknya karyawan yang bekerja dari rumah, intensitas masyarakat dalam menggunakan internet pun menjadi lebih tinggi. Tidak hanya untuk bekerja dan media sosial tetapi akses ke marketplace pun meningkat. Momen ini dapat dimanfaatkan pelaku usaha online untuk meningkatkan intensitas dan jangkauan iklan agar menjangkau lebih banyak calon pembeli. Bagaimana bagi yang tidak meiliki modal? tenang, banyak distributor yang mencari reseller atau orang yang mau menjualkan barang-barangnya. Bermodal HP dan medsos kita sudah bisa menjadi reseller.
    Strategi penjualan di masa pandemi pun pasti berbeda dengan keadaan normal. Contohnya Kita dapat mendonasikan sebagian penjualan produk untuk donasi melawan covid-19. Dengan menyumbangkan sebagian keuntungan, kita melakukan pendekatan kepada konsumen secara emosional. Strategi ini memaksimalkan perilaku calon pembeli, dimana keputusan untuk membeli 80% dipengaruhi faktor emosional.
    Dan masih banyak strategi lain yang bisa diterapkan, akan kami bahas di artikel selanjutnya.
halodoc.com
  • Berjualan masker kain
    Kementerian Kesehatan RI sendiri sudah menganjurkan masyarakat Indonesia untuk menggunakan masker kain ketika berpergian untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Selain pembuatannya mudah, minat masyarakat untuk membeli masker kain masih termasuk tinggi. Banyak tutorial di website dan youtube terkait pembuatan masker kain dengan penjelasan yang mudah dimengerti. Tapi karena pembuatannya yang cenderung mudah, sudah banyak orang yang mencoba memproduksi masker kain sendiri dalam skala besar.
    Lalu apakah kita masih bisa mendapat keuntungan dengan berjualan masker? Tentu bisa, asal kita menggunakan strategi yang tepat. Disini inovasi menjadi kunci agar masker kain kita dilirik oleh calon pembeli. Bisa dicoba dengan memberikan desain atau bentuk yg unik sehingga orang lebih tertarik untuk membeli. Tetap sehat dengan tampilan modis merupakan pendekatan yang cocok untuk pasar wanita segala umur. Dan masih banyak cara lainnya.
kumparan.com
  • Frozen food dan makanan kemasan
    Bagi yang memiliki bisinis kuliner, selain takeaway bisa dicoba menjual makanannya dengan dikemas atau dibekukan. Bisa berupa makanan jadi ataupun bahan bakunya. Selain praktis, frozen food juga tahan lama. Bagi para pelaku UMKM atau industri rumahan pun bisa ikut mencoba berjualan frozen food resep sendiri ataupun makanan olahan ayam, nugget, sosis, bakso dll. Tidak harus sebagai produsen, tapi bisa juga reseller. Cobalah saling bertukar resep atau masakan dengan tetangga, jika cocok bisa diperjual-belikan.
kompasiana.com
  • Sayur keliling, servis keliling dan usaha tipe jemput bola lainnya
    Tantangan berjualan akan selalu ada, dan sebagai penjual yang baik kita harus selalu siap menghadapi segala kondisi. Maka di masa pandemi ini tidak ada salahnya bila kita mencoba berjualan secara konvensional, berjualan door to door atau jemput bola. Seperti berjualan jasa servis panggilan, pedagang sayur keliling dan berbagai cara lain yang sekiranya cocok diterapkan untuk usaha anda. Jika ingin mencoba berjualan seperti ini, buatlah list pelanggan anda sehingga jarak tempuh menjadi searah, hemat bensin hemat waktu dan efisien.Berbagai jenis usaha yang bisa dibuat seperti ini misalnya: servis panggilan, potong rambut,berjualan sayur keliling, jasa salon dsb. Dan tetap perhatikan prosedur keamanan dalam masa pandemi covid-19
langsungenak.com
  • kue dan snack kering
    keringSebenarnya untuk cemilan dan snack kering sudah memiliki pasarnya sendiri, bahkan sebelum covid-19 baik itu snack grosiran maupun snack kemasan yang dijual di toko retail. Sebelumnya memang agak sulit untuk masuk ke dalam pasar kue dan snack kering, tapi di kala pandemi ini makin banyak orang-orang yang bekerja dari rumah membuat kue dan snack kering semakin laris sebagai cemilan ketika sedang bekerja atau bersantai. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mencoba berjualan kue dan snack kering. Cobalah mencari resep-resep umum di internet dan modifikasi sesuai selera agar memiliki rasa khas dibanding pesaing lainnya. Manfaatkan grup dan relasi anda untuk pemasaran yang murah dan efektif.
    Jangan lupa menyiapkan plastik dan alat mengemas yang tepat untuk produk anda, agar tetap awet dan enak ketika sampai ke tangan pelanggan.
    Jika anda membutuhkan mesin untuk mengemas snack kering, silahkan hubungi kami Gen Packaging untuk harga khusus dari web ini
Artikel
Avatar
About Mesin Kemas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *