Artikel

22 June 2020

Pulihkan perekonomian, inilah timeline New Normal Indonesia melawan covid-19

New Normal-google.com

 

Semenjak wabah covid-19 menyerang, banyak perubahan yang terjadi di tatanan masyarakat. Para pekerja dirumahkan, mall, usaha-usaha dan transportasi umum ditutup sementara. Hal ini perlu dilakukan guna menekan kurva penyebaran covid-19, agar rumah sakit dan tenaga medis tidak kewalahan dalam melayani pasien.

Tidak ada yang tahu pasti kapan wabah akan berakhir, selama vaksin virus SARS-CoV-2 belum ditemukan keadaan sekarang masih akan berlanjut. Namun kita tidak dapat selamanya berdiam di rumah, banyak yang sudah mulai kehabisan uang tabungan dan persediaan makanan. Masyarakat perlu memulai aktifitas kembali guna memulihkan roda perekonomian dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada agar tidak tertular covid-19. Indonesia sendiri sudah memulai langkah ini pada tanggal 1 Juni kemarin, dengan New Normal.

Berikut timeline pemerintah dalam pelaksanaan New Normal:

  • Fase 1 (1 Juni)
    Industri dan jasa dapat beroperasi dengan protokol kesehatan Covid-19 Mall belum boleh beroperasi, kecuali toko penjual masker & fasilitas kesehatan
  • Fase 2 (8 Juni) Toko, pasar dan mall diperbolehkan pembukaan toko namun dengan protokol kesehatan
  • Fase 3 (15 Juni) Mall tetap seperti fase 2, namun ada evaluasi pembukaan salon, spa, dan lainnya. Tetap dgengan protokol kesehatan Covid-19 Sekolah dibuka namun dengan sistem shift
  • Fase 4 (6 Juli) Pembukaan kegiatan ekonomi dengan tambahan evaluasi untuk pembukaan secara bertahap restoran, cafe, bar, dan lainnya dengan protokol kebersihan yang ketat Kegiatan ibadah diperbolehkan dengan jumlah jamaah dibatasi
  • Fase 5 (20-27 Juli) Evaluasi untuk 4 fase dan pembukaan tempat-tempat atau kegiatan ekonomi dan kegiatan sosial berskala besar Akhir Juli/awal Agustus 2020 diharapkan seluruh kegiatan ekonomi sudah dibuka.
    kompas.com

Keberhasilan new normal bergantung dari dukungan semua pihak, baik itu pemerintah pusat, daerah dan juga masyarakat. Persiapkan kantor dan tempat usaha kita dengan perlengkapan yang dianjurkan seperti wastafel, hand sanitizer dsb. Persiapkan juga aturan dan mekanisme dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari baik di tempat kerja, sekolah, dan tempat umum lainnya.

Semoga dengan berlakunya new normal, perekonomian masyarakat dapat membaik kembali tanpa adanya peningkatan pasien covid-19.

Selama covid-19 Gen Packaging hanya menerima pre order mesin. Sudah siapkah anda sebagai pelaku usaha menghadapi new normal? segera pesan mesin pengemas otomatis Gen Packaging dan buat kemasan produk anda lebih menarik.

Artikel
Avatar
About Mesin Kemas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *