Artikel

16 July 2020

Desain Kemasan dalam Brand Value Suatu Usaha

Setiap usaha perlu memiliki brand awareness atau citra yang baik di mata pelanggannya. Brand awareness yang baik memungkinkan kita untuk menjangkau sebanyak mungkin pelanggan dan calon pelanggan, lalu menumbuhkan kepercayaan kepada konsumen agar membeli produk yang dijual dan meningkatkan keuntungan perusahaan. Selain dengan promosi dan layanan komunikasi yang ramah, tampilan produk juga menjadi salah satu media penyampaian citra perusahaan yang baik. Oleh karena itu kita perlu mempersiapkan desain kemasan yang mampu menarik hati pelanggan.

Perhatikan dua kemasan di bawah

Sumber:Seribu.com

Dari gambar di atas, manakah yang akan anda pilih sebagai pembeli?

Sudah pasti kita akan memilih kemasan A (kemasan print), mengapa? Karena dari bentuk luarnya saja sudah terlihat meyakinkan. Dengan desain yang terlihat profesional dan penyajian data keterangan produk kita dapat mengetahui produsen produk A mengeluarkan effort lebih dalam mengemas produknya. Oleh karena itu, secara psikologi kita merasa produk A lebih terpercaya, walau kita belum mengetahui isinya. Setidaknya dari segi kemasan produk A sudah selangkah lebih unggul dibanding produk B. Kemasan yang polos dan apa adanya, selain kurang menarik akan menimbulkan kesan kita sebagai produsen kurang berniat untuk menjual produk kita. Tidak ada yang akan membeli barang yang dijual dengan setengah hati.

Selain untuk estetika, kemasan memiliki banyak fungsi lainnya. Diantaranya:

  1. Mewadahi produk selama distribusi dari produsen hingga ke konsumen, agar produk tidak tercecer, terutama untuk cairan, pasta, atau butiran.
  2. Melindungi dan mengawetkan produk, seperti melindungi dari sinar ultraviolet, panas, kelembapan udara, oksigen, benturan, kontaminasi dari kotoran dan mikroba yang dapat merusak dan menurunkan mutu produk.
  3. Sebagai identitas produk, dalam hal ini kemasan dapat digunakan sebagai alat komunikasi dan informasi kepada konsumen melalui label yang terdapat pada kemasan.
  4. Meningkatkan efisiensi, misalnya memudahkan penghitungan (satu kemasan berisi 10, 1 lusin, 1 gross dan sebagainya), sehingga memudahkan pengiriman dan penyimpanan. Hal ini penting dalam dunia perdagangan.
  5. Melindungi pengaruh buruk dari luar, Melindungi pengaruh buruk dari produk di dalamnya, misalnya jika produk yang dikemas berupa produk yang berbau tajam, atau produk berbahaya seperti air keras, gas beracun dan produk yang dapat menularkan warna, maka dengan mengemas produk ini dapat melindungi produk-produk lain di sekitarnya.
  6. Memperluas pemakaian dan pemasaran produk, misalnya penjualan kecap dan sirup mengalami peningkatan sebagai akibat dari penggunaan kemasan botol plastik.
  7. Memberikan nilai yang berbeda dari produk serupa sehingga dapat meningkatkan daya tarik calon pembeli.
  8. Menjadi sarana informasi dan iklan, di mana dalam kemasan Anda bisa menambahkan alamat website, social media, dan lain sebagainya. Sumber: Jurnal.id

Untuk pengemasannya sendiri bisa manual dan otomatis. Namun pengemasan otomatis menggunakan mesin memiliki lebih banyak kelebihan, seperti kemasan yang lebih kuat dan tahan lama serta jumlah produksi yang lebih cepat dan mudah. Juga plastik print untuk desain kemasan yang lebih menarik.

Jika anda tertarik dengan mesin pengemas otomatis dan plastik kemasannya, silahkan hubungi kami.
Gen Packaging menyediakan semua kebutuhan pengemasan produk anda.

Artikel
Avatar
About Mesin Kemas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *