Artikel

15 September 2020

3 Jenis Kemasan Gula Pasir Lokal Agar Dilirik Pasar Nasional



Banyak sekali kita temukan gula pasir yang dikemas menggunakan plastik polos di pasar tradisional. Namun apakah pernah kita jumpai kemasan seperti itu di toko-toko retail dan pasar modern? Kenapa tidak ada gula, atau produk apapun yang dijual dengan kemasan polos di pasar modern? Selain alasan keamanan, kemasan dengan visual berwarna lebih menarik dan meyakinkan di mata calon pembeli. Tanggal kadaluarsa, profil perusahaan, nett berat produk dapat dicantumkan pada kemasan, sehingga semua orang dapat mengetahui bahwa produk yang kita jual aman untuk dikonsumsi dan berasal dari sumber yang jelas. Hal ini lah yang dapat menimbulkan rasa kepercayaan calon pembeli sekaligus sarana untuk menimbulkan citra baik bagi usaha. Dan juga adanya regulasi pemerintah untuk menjual produk secara nasional.

Kemasan dengan desain full warna memang membutuhkan biaya produksi yang lebih tinggi, tapi dapat juga meningkatkan harga jual produk. Para calon pembeli saat ini sudah lebih selektif dalam memilih barang. Apalagi dengan kemudahan dalam mendapat informasi di dunia digital membuat kita sebagai pelaku usaha harus lebih maju dalam strategi penjualan.

Lalu apa sajakah desain kemasan yang bisa kita temukan di pasar tradisional dan modern? Jenis kemasan seperti apa yang sebaiknya kita pilih jika ingin menyasar pasar modern dan nasional?

Berikut 6 jenis kemasan untuk gula pasir beserta kekurangan dan kelebihannya

1.      Kemasan sachet dan stick

gula pasir sachet
kemasan gula pasir stick
sumber:google.com

Kemasan yang cukup digemari, praktis dengan takaran tetap untuk sekali penggunaan. Untuk kemasannya biasa terbuat dari bahan kertas, sehingga perlu menjadi perhatian khusus untuk penyimpanannya. Hindari tempat lembab agar kemasan tidak mudah rusak. Saat ini di kafe dan rumah makan sering dijumpai kemasan stick, bentuknya yang panjang lebih mudah untuk ditonjolkan dan ditata sehingga mudah menarik perhatian pembeli. Apalagi jika menggunakan print full colour. Dapat juga menggunakan kemasan sachet, tinggal menyesuaikan permintaan pasar. Dianjurkan untuk pengemasan gula jenis sachet dan stick untuk menggunakan mesin kemas otomatis. Ukurannya yang kecil membuat pengemasan manual agak menyulitkan. Cocok untuk pendekatan calon pembeli berupa kafe,rumah makan atau hotel.

2.      Kemasan bantal

kemasan gula pasir bantal pillow
sumber:google.com

Kemasan yang umum dijual di pasaran, biasa dijual dengan ukuran 500,1kg hingga 3kg. Cocok untuk penggunaan harian di rumah tangga. Kelebihan dari jenis kemasan ini dapat menampung gula dalam ukuran banyak, dan pasarnya lebih umum sehingga bisa dipasarkan di toko retail modern. Pastikan desain kemasan gula menarik, karena banyaknya gula pasir kemasan bantal di pasaran maka anda perlu bersaing agar dilirik calon pembeli. Salah satu langkah awal adalah dengan tampilan yang menarik. Namun perlu menjadi perhatian jika ingin mengemas gula pasir 1kg ke atas, sudah menggunakan mesin ukuran jumbo. Gen Packaging menyediakan mesin pengemas otomatis untuk gula pasir, baik kemasan sachet, stick dan bantal hingga 3kg. Silahkan konsultasikan kebutuhan pengemasan gula anda pada kami. Jenis kemasan ini cocok untuk dipasarkan secara luas di toko modern dan retail, bahkan toko online sekalipun.

3.      Kemasan standing pouch

kemasan gula pasir standing pouch
sumber:google.com

Desain kemasan standing pouch termasuk unik, selain jarang di pasaran bentuknya terlihat lebih prestige. Namun apakah jenis seperti ini laku dipasaran? Tergantung apakah target marketnya sudah tepat atau belum. Tidak hanya gula pasir, beberapa produk seperti susu kental manis  juga tersedia dalam kemasan standing pouch. Lalu untuk siapa kemasan standing pouch ini? Mahasiswa atau pekerja yang tinggal di kamar kos dapat menjadi salah satu target. Kelebihan kemasan ini adalah dalam proses penyimpanannya. Setelah digunakan, wadah dapat menutup rapat sehingga aman dari jangkauan serangga. Untuk mereka yang harus menyimpan gula di dalam kamar, menggunakan standing pouch memberikan jaminan keamanan dan kemudahan, tidak perlu repot mencari wadah tersendiri untuk menyimpan gula. Tetapi kemasan standing pouch memiliki harga yang lebih tinggi, namun sebanding dengan manfaatnya. Lakukan riset mendalam di area target pasar, agar keputusan mengemas menggunakan standing pouch tidak merugi.

Itulah 3 jenis kemasan gula pasir yang biasa beredar di pasar modern dan toko retail. Semoga dapat menjadi referensi bagi distributor maupun produsen gula pasir. Silahkan tinggalkan komentar jika anda mempunyai ide lain terkait kemasan gula pasir atau ingin memiliki mesin pengemas gula pasir.



Artikel
Avatar
About Mesin Kemas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *